Tuesday, January 12, 2010

Social Networking Business

Pada awal kesempatan saya ingin menuliskan sedikit tentang fenomena bisnis dengan menggunakan web atau social networking.

Apabila kita menggunakan web mungkin saja dapat dikatakan kita menggunakan apa yang dikatakan oleh pakar marketing yakni Bpak hermawan Kertajaya dalam bukunya New Wave marketing dengan sebutan low budget hi impact.

Saya ingin lebih membahas pada sisi social networking. Karena menurut saya hal tersebut lebih fokus terlebih lagi mdah dijangkau. Hal tersebut karena fenomena-fenomena yang dimunculkan oleh friendster, facebook, maupun twitter. Juga banyaknya celah yang dapat kita peroleh.

Kebiasaan masyarakat saat ini (bagi pemilik account facebook) adalah ketika kita membuka internet hal awal yang kita ketikan di address box yakni www.facebook.com. Sayapun yakin banyak perusahaan yang cukup sukses berbisnis dengan facebook walaupun memang hal tersebut tidak boleh. Salah satu contoh suksesnya adalah Blackberry yang berhasil membuat sebuah komunitas luar biasa di dalam facebook. Selain itu banyaknya bermunculan butik online, dan lain-lain.

Tidak hanya itu saya juga melihat banyak sekali bermunculan group-group sebuah perusahaan yang mana mereka ingin menjaring pasar yang belum disentuh oleh mereka. Mungkin apabila produknya dapat menjangkau secara nasional maupun internasional itu merupakan hal yang mudah untuk me-maintain group. Sedangkan apabila produk bersifat lokal alangkah baiknya lebih memilih target members dengan selektif apalg saat ini info seseorang juga kebanyakan tidak ditutupi.

Saya yakin cara seperti ini tidak akan berlangsung lama. hal tersebut karena pada suatu titik masyarakat akan mulai jenuh pada facebook. Yang mungkin akan beralih pada twitter atau social networking lainnya. Yang terpenting hanya kita harus tau bagaimana cara memanfaatkan social networking tersebut. Cara terebut akan diterapkan perusahaan-perusahaan dalam waktu yang menurut saya akan cukup lama terlebih lagi pada era krisi ekonomi seperti ini. karena menurut saya sebenarnya merketing melalui social networking bukan lagi ada low budget hi impact melainkan pada "No Budget Hi Impact"

"Kerapkali orang sukses dikatakan bahwa mereka sedang beruntung atau hoki, Sebenarnya hanya saja mereka dapat mencari celah pada setiap kesempatan yang dapat mengantarkan mereka pada kesuksesan"


Salam



2 comments:

  1. bravo bro, akhirnya sudah ngelahirin blog juga deh.. hehehehe.. salam blogging! XD

    ReplyDelete